Teknik Marketing Artmosf***.

Selasa, 22 Juni 2010

Artmosf*** disini merujuk pada sebuah tempat printing, cetak spanduk, cetak brosur, kaos, dan semacamnya. Terletak di belakang kampus kentingan UNS dengan warna ungu kebanggaannya ( warna janda ). Dan untuk menghindari kena royalti mari kita sebut dengan TP ( Tempat Printing ).

Apa yang menarik dari TP ini ?

Salah satu hal yang paling menarik dari TP ini adalah seringnya mereka menjadi sponsor di banyak acara kampus. Emang gak rugi ?

Dan setelah saya amat - amati dari pengalaman beberapa temen yang acaranya disoponsori oleh TP sebenarnya mereka tidak mendapat hasil yang signifikan dari disponsori oleh TP ini. Bahkan untuk spanduk MMT bisa lebih murah di tempat printing yang gak jauh dari UNS.

Terus kenapa ? Nah disinilah trik marketingnya ( menurut saya ).

Kalau dilihat - lihat harga buat urusan cetak - mencetak di TP ini memang tergolong diatas rata - rata harga di Solo. Dan harga yang diturunkan jika menjadi sponsor juga tidak terlalu signifikan sebenarnya. Dan sebagai informasi tambahan mereka menggunakan perhitungan yang sangat njlimet jika ingin jadi sponsor ( Gratis tiket segini, tapi bayar spanduknya segini, atau dengan membayar segini akan mendapat free ini dan ini, dsb ). Padahal kalo dihitung - hitung dengan mereka menjadi sponsor keuntungan mereka juga masih besar ( karena harganya sudah di atas rata - rata ).
T api kelebihan dari mereka adalah begitu mudahnya mereka menyetujui untuk menjadi sponsor. Bahkan tanpa proposal dan sekedar omong - omong bisa. Sehingga tidak heran jika TP ini menjadi sasaran utama danus suatu event.

Mari kita lihat kondisi kejiwaan sie danus.
Penuh tekanan, tanggung jawab, dan tugas pre acara sangat banyak( disini berlaku prinsip bahwa uang adalah segalanya ). Sehingga akan menjadi sangat wajar jika mereka akan menjadi sangat senang jika ada sebuah perusahaan yang mensponsori mereka. Bagai hujan di tengah - tengah musim kemarau. Dan tanpa pikir panjang mereka senang - senang saja untuk menandatangani kontrak kerjasama.
Hehe,,,,

Nah terlepas dari kondisi kejiwaan dari sie danus suatu event, saya ingin menyorot teknik marketing yang cukup baru dari TP ini. Yaitu dengan MENJADI SPONSOR. Singkatnya begini, naikkan harga rata - rata, kuasai teknik perhitungan yang njlimet, dan jadilah malaikat bagi para sie danus suatu event.
Sebuah teknik yang sepertinya sangat jarang saya temui. Biasanya teknik standar yang dipakai adalah dengan perang harga.

Jadi, Banyak Order, Promosi Gratis, dan Ngeksis Abissss,,,,

Kenapa enggak?

0 komentar:

Posting Komentar