Aroma reakreditasi di Prodi Pendidikan Dokter UNS.

Selasa, 22 Juni 2010

Beberapa waktu lalu tanggal 23 Juni 2010 di Pendidikan dokter sedang diadakan proses reakreditasi untuk prodi pendidikan dokter Fakultas Kedok teran UNS ( selanjutnya disebut PD FKUNS ). Berbagai persiapan pun dilakukan. Mulai dari kegiatan kebersihan yang tiba - tiba mencakup gedung F ( gedung paling pojok PD FKUNS ), pemasangan TV - TV di berbagai tempat strategis ( mungkin sekalian menyemarakkan World Cup 2010), hingga ruangan BEM yang ikutan menjadi bersih.

Cukup melegakan memang, dan jujur saya akui suasana kampus menjadi "benar - benar kampus". Gedung F tidak hanya tampak seperti gedung dengan beberapa mayat termutilasi di lantai 1 (Lab anatomi), beberapa virus dan bakteri di Lantai 2 (Lab Mikro), dan ruangan panas nan pengap di Lantai 3 (RK 6). Gedung F sudah berubah menjadi "tempat kuliah". Meski hanya dilakukan pembersihan dan pengepelan saja. Tetapi tetap saja memberi "Aroma" yang sangat luar biasa. Gedung A tiba - tiba menjadi banyak pot dengan banner yang menuliskan visi dan misi fakultas kedokteran UNS ( padahal mungkin lebih dari 80 % mahasiswa Fakultas Kedokteran lupa kalau mereka punya visi dan misi. Termasuk saya juga sih ). Motor - motor di depan perpus tiba - tiba disuruh parkir ke bawah. Dan meja pingpong tiba - tiba sepi (yah,,,,,).

Sebuah usaha yang luar biasa mengingat persiapan tersebut hanya dilakukan dalam waktu sekitar 7 hari ( mungkin ). Ato bahkan kurang. Dan saya sebagai mehasiswa turut senang saja melihat suasana kampus yang menjadi begitu nyaman.
Tapi sayang mungkin tidak akan bertahan lama. Sesuai dengan karakter bangsa Indonesia lah, baru kerja kalo sudah diawasi. Dan fenomena seperti ini sudah menjadi fenomena biasa di kampus kami ( Sebenarnya fenomena yang tidak seharusnya dibiasakan yang menjadi kebiasaan ). Mahasiswa pun juga begitu, baru belajar kalau sudah mendekati ujian, baru ngerjain tugas kalo udah H-1 deadline. Hehe,,,,

Gak salah juga sih, yang penting kan pada akhirnya semua bisa dikerjakan.

Yang cukup disayangkan adalah berkembangnya mindset yang hanya berorientasi pada tugas dan bukan manfaat. Kita mengerjakan sesuatu hanya untuk menyelesaikan tugas saja dan jarang kepikiran untuk membuatnya menjadi sesuatu yang lebih produktif dan bermanfaat. Meski hanya membersihkan kampus secara menyeluruh hingga gedung F saya pikir bisa memberi perubahan besar pada minat mahasiswa. Mahasiswa juga hanya belajar untuk mengejar target nilai tanpa berpikir menciptakan sesuatu yang baru ( Seperti saya juga. Hehe). Kalau dalam film 3 idiots dikatakan "mereka memang terlatih, tapi tidak terdidik". Jadi memang dibutuhkan sesuatu yang baru dalam sistem kita.

Intinya,,,,
Mungkin saat ini sudah menjadi saat yang tepat untuk membuat beberapa perubahan. Bukan perubahan yang ekstrim, seperti perubahan kekuasaan, perubahan undang - undang ato apalah. Tapi saatnya kita merubah pikiran kita sendiri. Dari pemikiran pragmatis menjadi visioner ( sesuai kata - kata bu mantan menkes ). Mungkin sudah saatnya untuk kita menjadi lebih kreatif dan bermanfaat.

NB : Jika ada yang merasa tertohok dengan ini, maka anda tidaklah sendiri. Saya sendiri juga merasa masih menjadi mahasiswa yang buruk ( dan faktanya memang begitu. Hehe )

0 komentar:

Posting Komentar