Kantor Kesehatan Pelabuhan? Ada ya?

Sabtu, 28 April 2018

Hah? KKP?
Kementrian Kelautan dan Perikanan?
Kantor Kesehatan Pelabuhan itu apa?
Dokter ngapain kerjaannya di situ?

Yap, KKP mungkin masih sangat asing bagi beberapa orang. Apalagi orang kesehatan. Aku juga awalnya baru tau waktu kerja disini. hahaha. Dan sebagai pegawai KKP yang baik perkenankan saya memberi gambaran tentang apa itu KKP.

Jadi KKP disini bukan Kementrian Kelautan dan Perikanan tapi Kantor Kesehatan Pelabuhan. Salah satu bagian dari Kementrian Kesehatan. Sebagian besar orang masih awan dengan kantor kesehatan pelabuhan karena memang tugas dan fungsi kita tidak secara langsung bersentuhan dengan masyarakat seperti Puskesmas atau Rumah Sakit. Jadi ya,, begitulah.

Dimana kita bisa menemukan KKP?
Jadi biasa kita ketemu KKP di tempat - tempat perlintasan orang misal di bandara, pelabuhan, dan perbatasan. Kadang di sebut juga Karantina Kesehatan. Misal kalian mau naik pesawat dalam kondisi hamil maka kalian akan diarahkan ke KKP untuk mendapatkan surat ijin angkut ibu hamil.

Apa Tugas KKP ?
Secara gambaran Tugas KKP adalah cegah tangkal penyakit. Maksudnya adalah kita menjaga di pintu - pintu masuk negara agar jangan sampai masuk penyakit dari luar negeri. Misal di suatu negara ada wabah flu burung. Nah nanti kita di KKP memeriksa tiap - tiap orang dari negara tersebut yang mau masuk ke Indonesia agar jangan sampai ikut membawa wabah tersebut. Yang sering kita lakukan biasanya pemeriksaan dengan thermo scanner. Bila ada yang dicurigai terjangkit wabah tersebut maka akan kita isolasi dulu.

Kita juga melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap jenazah yang masuk, obat, makanan, dan bahan aditif. Tujuannya sama adalah agar jangan sampai menjadi sarana masuknya penyakit atau hal - hal yang bersifat illegal. Namun untuk hal ini kita melakukannya bersama dengan instansi terkait. Sehingga kewenangannya tidak sepenuhnya berada di KKP.

Selain itu kita juga melakukan pengendalian faktor resiko lingkungan. Misal melakukan survey vektor penyakit dan resiko lingkungan.

Siapa saja petugas KKP ?

Petugas KKP terdiri dari beberapa bidang ke ilmuan kesehatan. Ada dokter, perawat, analis laboratorium, Kesehatan lingkungan, Epidemiolog, Entomolog, Sanitarian, dan lain - lain.

Mungkin segitu dulu. Nanti kita sambung lagi.

0 komentar:

Posting Komentar