Milikilah tujuan hidup, dan bertanggung jawablah

Rabu, 02 November 2011

Milikilah tujuan hidup, dan bertanggung jawablah

Benar kata teman saya.
"Tulislah pemikiranmu"

Ditambah lagi dengan statusnya Ippho santosa
"Bila kau membaca buku maka kau akan mengenal dunia, dan bila kau menulis buku maka kamu akan dikenal dunia"

Karena itulah mulai sekarang, tiap malam saya akan menyempatkan untuk menuliskan pemikiran dan inspirasi saya hari ini.

Meski hanya satu topik saja. dan bagusnya cukup satu topik saja

Judul yang tepat untuk pemikiran saya hari ini (2 November 2011) adalah :

Milikilah tujuan hidup, dan bertanggung jawablah.

Bagi sebagian orang mungkin ini topik yang biasa saja. tapi bagi saya ini adalah sebuah pemikiran baru. Pemikiran yang akan mengubah sudut pandang terhadap arti dari sebuah tugas dan tanggung jawab.
Suatu hari saya teman saya pernah berkata pada saya " Kalau memikirkan sesuatu itu jangan setengah - setengah. Selesaikan saat itu juga". Dan perkataan itu memicu sebuah pemikiran dari dalam otak saya.

Benar kata teman saya itu. Saya biasanya kalau melakukan sesuatu memang setengah - setengah dan gak fokus. Apakah karena malas ? enggak juga ah, kadang - kadang saya bisa lembur semalaman untuk mengerjakan tugas. Terus karena apa?
Saya mencoba mendalami dan mencari tahu. Apa sih yang mendasari semua itu?

Setelah berpikir dan melakukan berbagai pertimbangan mendalam, akhirnya saya merumuskan bahwa penyebab utama saya mengerjakan secara setengah - setengah adalah tidak adanya tujuan dan rasa tanggung jawab dalam mengerjakan tugas. Saya mengerjakan tugas hanya karena disuruh atau dimintai tolong saja. Saya belum berpikir makna sebenarnya dari tujuan tersebut.

Dan semenjak itu saya bertekad untuk selalu mencari tahu semua manfaat dan tujuan sebelum melakukan sesuatu. Sekecil apapun itu mantapkanlah. Karena sebuah peluang yang bagus membutuhkan pondasi yang bagus. Dan pondasi yang bagus hanyalah bisa didapat dari mengerjakan setiap hal - hal kecil tersebut dengan mantap dan penuh rasa tanggung jawab.

jika bukan kita sendiri yang bertanggung jawab dan menghargai diri kita sendiri terus siapa lagi? Kamu? Teman - temanmu? Orang tuamu? Pecahkan saja gelasnya biar ramai!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

tulian yang bagus :)

Posting Komentar